Kamis, 01 Agustus 2013

Gender: Laki-Laki & Perempuan Itu Sama



Di zaman sekarang ini masih banyak orang yang membeda-bedakan antara Laki-laki dan perempuan. Laki-laki sering menganggap perempuan itu lemah, sehingga perempuan hanya bisa menurut saja pada laki-laki. Padahal sudah ada yang namanya Gender atau persamaan antara laki-laki dan perempuan.
Dalam kaitannya dengan ini pada tanggal 26 april lalu Seluruh anggota Fas diberi Sosialisasi tentang Gender oleh kaka Titon selaku Pembina kami. Kegiatan ini bertujuan agar kami dapat mengetahui lebih dalam tentang yang namanya Gender atau persamaan antara laki-laki dan perempuan sehigga kami dapat membagi ilmu kepada orang lain dan agar kami tidak lagi membeda-bedakan lagi antara laki-laki dan perempuan.

Dalam kegiatan ini kaka Titon menggunakan metode Tanya Jawab, sehingga kami semua dapat terlibat secara aktif. Ketika ditanaya diatara kami siapa yang sudah mengetahui tentang Gender? Ternyata semuanya sudah mengetahhui tentang Gender ini. Karena semunya sudah mengetahui, maka kami ditanya Apa itu Gender. Nah disini kami mendapatkan empat jawaban.

Dari keempat jawabaan tersebut kemudaian disimpulkan dan mendapat jawaban Gender adalah persamaan drajat, kedudukan, dan kelakuan antara perempuan dan laki-laki.
Setelah itu kami diminta memberikan apa saja cirri-ciri fisik antara laki-laki dan perempuan, setelah itu kami berdiskusi tentang apa saja yang bisa dilakukan oleh laki-laki dan perempauan.
Setelah semuanya selesai, kaka Titon pun memberikan kesimpulan bahwa yang membedakan antara laki-laki dan perempuan adalah Sex (jenis kelamin) saja, selebihnya adalah sama. Tapi Gender bukan hanya perempuan saja tapi Lak-laki juga.
Ka Titon juga mengatakan “Semua masalah perempuan tidak hanya bisa diurus oleh perempuan saja, Laki-laki juga bisa”.
Kita sebagai orang muda harus menghormati sesama manusia, jangan membeda-bedakan antara laki-laki dan perempuan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar