Kamis, 01 Agustus 2013

TIPS UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENULIS


Pada kesempatan kali ini segitiga8 akan sedikit memberikan tips bagi anda yang kesulitan dalam menulis. Di bawah ini beberapa tips dari segitiga8 untuk meningkatkan kemampuan menulis anda.
1. NIAT . anda harus mempunyai niat atau keinginan untuk menulis. Anda tidak perlu disuruh agar mau menulis. Jadikan keinginan menulis sebagai kebutuhan, seperti halnya kebutuhan makan, minum, tidur, dan belajar.
 2. IDE . setelah ada niat, anda memerlukan ide tulisan. Perlu anda ingat bahwa ada banyak sumber ide di sekitar anda, misalnya lingkungan keluarga, tetangga, sekolah, atau bahkan ide dapat digali dari imajinasi anda. Siapa sangka bahwa J.K.ROWLING bisa menjadi miliader hanya dengan menjual imajinasinya tentang HARRY POTTER. Banyak penulis remajayang bisa menjadi jutawan karena mereka menjual imajinasi. Anda pun bisa!!!

 3. PILIHAN KATA DAN SUSUNAN KATA . suatu tulisan akan enak dibaca dan bisa dinikmati alur ceritanya karena ketepatan pilihan katanya. Kemudian, kata-kata disusun sedemikian rupa (dengan gaya bahasa yang menarik) sehingga mampu menarik minat orang untuk membacanya.
 4. GRAMMAR/TATA BAHASA . tulisan di dalm bahasa inggris memang harus menaati grammar/tata bahasa yang berlaku. Ide anda akan bisa dipahami apabila anda menggunakan grammar/tata bahasa tersebut dengan tepat. Jadi, anda hanya perlu mempelajari materi-materi tersebut dengan lebih serius. Ingat, tidak ada yang sulit!!!
 5. TEMAN UNTUK BERTANYA DAN BERBAGI (SHARING) . faktor ini penting. Setiap kali anda menulis, mintalah masukan dan pendapat orang lain, bisa guru, teman atau keluarga anda. Anda tidak perlu malu krtika menunjukan hasil tulisan itu. Terimalah setiap masukan dan saran dengan lapang dada. Selanjutnya, tingkatkan kemampuan menulis anda sesuai dengan masukan dan saran tersebut. Anda pasti akan merasakan manfaatnya.

SELAMAT MENULIS!!!!!!!!!

BY : ALWIN NEPA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar